December 5, 2022

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Berbau

2 min read

Halo Sobat Qurbaners!

Sebentar lagi Idul Adha nih, ini berarti waktunya Qurbaners ditantang untuk mengolah daging kambing yang dikenal tricky agar bisa dimasak enak. penting untuk Qurbaners mengetahui cara penanganan bagian daging kambing yang akan dimasak. Sebab, setiap bagian daging kambing memerlukan teknik masak dengan durasi yang berbeda agar daging empuk dan prengus/tidak bau.

Ada beberapa cara yang bisa Qurbaners lakukan mulai dari menggunakan rempah-rempah hingga memisahkan lemaknya. Berikut cara mudah mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau:

  1. Buang Lemak Di Daging

Salah satu faktor yang membuat daging kambing menjadi bau prengus adalah lemak daging. Lemak yang menggumpal terlalu banyak membuat daging kambing berbau. Qurbaners bisa memisahkan lemak pada daging kambing dengan cara mengirisnya sebelum mengolah daging.

  • Gunakan Teknik Aging

Teknik pelayuan/aging yakni proses penyimpanan dengan mengistirahatkan daging kambing yang masih sangat segar untuk meningkatkan keempukan daging. Setidaknya, proses ini harus berlangsung selama minimal 12 jam, saat otot-otot pada daging kambing sudah mulai rileks.

  • Marinasi Dengan Nanas

Buah nanas diketahui mengandung zat asam dalam jumlah tinggi yang dapat membuat daging menjadi empuk. Qurbaners cukup siapkan daging yang sudah dibersihkan, haluskan nanas, lalu campur kedua bahan tersebut. Diamkan selama 30 menit.

  • Bungkus Dengan Daun Pepaya

Daun pepaya diketahui mengandung kadar asam dengan jumlah tinggi seperti halnya nanas. Cukup bungkus daging kambing dengan daun pepaya, lalu diamkan selama lebih kurang satu jam agar empuk.

  • Rebus Dengan Rempah-Rempah

Biasanya bau prengus pada daging kambing juga dapat tercium pada kuah bila daging dimasak menjadi gulai, sup kambing, atau makanan berkuah lain. Agar kaldu kambing juga tidak berbau prengus, Qurbaners bisa menambahkan rempah-rempah seperti bawang putih, daun bawang, jahe, atau serai pada rebusan daging kambing.

  • Masak Dengan Lobak

Saat Qurbaners mulai memasaknya, masukan irisan lobak ke dalam rebusan dagingmu. Cara ini kerap digunakan sejak zaman dulu hingga kini. Kandungan kolin dalam lobak dipercaya mampu untuk menghilangkan aroma khas dari kambing.

Nah itulah beberapa cara pengolahan daging kambing agar hasilnya empuk serta bau prengus pada daging kambing menghilang. Semoga bermanfaat ya Qurbaners!

Penulis : Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.