December 5, 2022

Macam Pakan Ternak Ruminansia

2 min read

Hai Qurbaners,

Hewan ruminansia merupakan kelompok mamalia yang bisa memakan dua kali yaitu pada kambing, kerbau, domba, sapi, jerapah, kuda, rusa, kancil dan sebagainya. Ruminansia memiliki beberapa alat pencernaan seperti rongga mulut yakni gigi terdiri dari gigi geraham berguna untuk menggiling dan mengunyah rerumputan yang mengandung selulosa sulit dicerna. Pada ternak Ruminansia, tanaman merupakan sumber pakan hijauan yang mutlak diperlukan dan harus tersedia baik secara kuantitatif maupun kualitatif.  Pakan sangat rawan terhadap kerusakan, pemalsuan dan pencemaran. Dengan pengetahuan pakan yang tepat, maka peternak dapat fokus dalam memaksimalkan peternakannya.

Secara luas, pakan ternak terbagi menjadi 3 jenis yaitu pakan kasar/hijauan, pakan penguat/konsentrat, serta pakan tambahan. Berikut ulasannya:

  1. Pakan hijauan

Pakan hijauan merupakan pakan yang berasal dari tanaman berkandungan serat kasar sekitar 18% namun dengan kandungan energi yang rendah. Hijauan menjadi sumber nutrisi yang baik apabila mengandung protein kasar sebanyak 20 % total bahan kering seperti leguminosa/ kacang-kacangan yang sangat diperlukan untuk merangsang rumen serta menentukan kadar lemak susu. Hijauan tidak boleh diberikan berlebihan atau kurang. Kekurangan selulosa dan hemiselulosa dapat menyebabkan pH rumen menjadi asam dan menyebabkan kematian pada sapi. Sementara itu, sapi yang kelebihan hijauan akan sulit gemuk.

  • Pakan konsentrat

Pakan konsentrat terbuat dari bahan dengan kadar serat kasar yang rendah sehingga mudah dicerna oleh ternak. Konsentrat berperan penting mempercepat proses penggemukan sapi potong, tetapi peternak tak boleh memberikan pakan konsentrat terlalu tinggi tanpa diimbangi dengan hijauan. Pada umumnya konsentrat terbuat dari bekatul, dedak, ampas singkong, ampas tahu, bungkil kelapa, tepung ikan, serta limbah pertanian.

  • Pakan tambahan

Pakan tambahan diberikan pada ternak yang sedang dirawat secara intensif dan berfungsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sang ternak. Pakan tambahan yang bisa diberikan adalah vitamin, mineral, urea, dan mikroorganisme. Vitamin paling utama untuk sapi potong adalah vitamin A dan D. Sementara kandungan mineral yang penting untuk sapi potong adalah mineral Ca dan P.

Nah itulah macam-macam pakan secara luas pada ruminansia. Insyaallah pada pertemuan berikutnya kami akan membahas penggolongan pakan ternak lebih dalam lagi ya Qurbaners. Semoga bermanfaat

Penulis : Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.