October 3, 2022

Biosecurity Pertahanan Pertama Pencegahan Wabah

2 min read

Halo Qurbaners.

Seiring berkembangnya imu pengetahuan dan teknologi, muncul berbagai istilah teknologi di semua segi ilmu termasuk dalam teknologi budidaya ternak. Salah satu istilah yang harus dikenal baik para peternak dalam bidang peternakan adalah biosecurity. Biosecurity adalah tindakan pertahanan pertama untuk pengendalian wabah dan dilakukan untuk mencegah semua kemungkinan penularan/kontak dengan hewan tertular sehingga rantai penyebaran penyakit dapat diminimalisir. Dalam budidaya ternak, biosecurity merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mencegah dan melindungi ternak dari bebagai serangan penyakit atau sebagai langkah awal pengendalian wabah penyakit agar tak masuk ke dalam peternakan ataupun menyebar keluar peternakan.

Penerapan biosecurity pada sektor peternakan akan mengurangi risiko penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit yang mengancam sektor tersebut. Penerapan sistem biosecurity yang ketat serta berkelanjutan sangat menentukan keberhasilan pengendalian penyakit selama budidaya. Meskipun biosekuriti bukan satu-satunya upaya pencegahan terhadap serangan penyakit, namun biosekuriti merupakan garis pertahanan pertama terhadap penyakit.

Terdapat 3 komponen utama dalam biosecurity yaitu isolasi, sanitasi dan kontrol lalu lintas.

1.Isolasi

Isolasi atau pemisahan merupakan tindakan untuk mencegah kontak diantara hewan pada suatu area atau lingkungan. Isolasi bertujuan untuk menciptakan lingkungan dimana ternak sehat terlindungi dari pembawa penyakit (carrier) seperti manusia, unggas tertular, udara, air, dl

2.Sanitasi

Sanitasi adalah tindakan pencegahan terhadap kontaminasi yang disebabkan oleh feses. Kontaminasi feses dapat masuk melalui oral pada hewan maupun dari peralatan yang digunakan seperti tempat pakan dan minum. Bahan organik lain yang biasa melewati proses sanitasi yaitu darah, saliva, sekresi dari saluran pernafasan, serta urin dari hewan yang sakit atau hewan yang mati. Semua peralatan yang digunakan khususnya tempat pakan dan minum pun harus dbersihkan dan didesinfeksi untuk mencegah kontaminasi

3.Kontrol Lalu Lintas

Kontrol Lalu Lintas adalah tindakan pencegahan penularan penyakit yang terbawa oleh alat angkut, hewan selain ternak (anjing, kucing, hewan liar), dan pengunjung. Hewan yang baru datang sebaiknya diketahui status kesehatan dan vaksinasinya untuk memaksimalkan biosecurity. Kontrol lalu lintas di peternakan juga harus dibuat dengan baik untuk menghentikan atau meminimalkan kontaminasi pada hewan, pakan, dan peralatan yang digunakan. Alat angkut dan petugas tidak boleh keluar dari area penanganan hewan yang mati tanpa adanya pembersihan dan desinfeksi terlebih dahulu.

Nah berikut itu adalah penjelasan mengenai sistem biosecurity pada peternakan. Semoga bermanfaat!

Penulis : Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.