October 3, 2022

Penggunaan Limoxin-25 Spray Pada Hewan

2 min read

Halo Sobat Qurbaners, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai obat luka hewan Oxytetracycline berbentuk spray yaitu merk Limoxin-25 Spray. Oxytetracycline adalah antibiotik tetrasiklin yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri. Semua jenis antibiotik mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia pada organisme, khususnya pada infeksi oleh bakteri. Limoxin-25 Spray yang di produksi negara Belanda ini dapat digunakan pada berbagai jenis hewan termasuk hewan ternak seperti domba, sapi dan kambing yang berguna untuk mengobati luka dan mencegah infeksi kulit.

  • Komposisi Obat

Dalam 1 kaleng obat berukuran 200ml

Tiap ml Lomoxin-25 Spray mengadung:

Oxytetracycline hydrochloride…………25ml

Gentian violet …………………………………5 ml

Solvents ad………………………………………1 ml

  • Sifat-Sifat Obat

Kandungan pada obat ini khususnnya Oxytetracycline adalah antibiotik dengan spektrum luas, obat ini efektif/ampuh terhadap jenis bakteri gram positif dan gram negatif seperti Staphylococcus, Streptococcus, Bordetella, Campylobacter, Chlamydia, E. coli, Haemophilus, Mycoplasma, Pasteurella, Rickettsia serta bakteri Salmonella. Kandungan Oxytetracycline bekerja dengan menghambat proses sintesa protein bakteri. Sementara Gentian violet termasuk zat warna yang sangat efektif sebagai anti jamur dan antibakteri terutama terhadap Staphylococcus spp.

  • Indikasi Pemakain Obat

Petunjuk pengobatan Limoxin-25 Spray diperuntukkan pada luka luar. Obat ini juga dapat mencegah adanya infeksi luar pada kulit, ambing (kelenjar ternak yang berfungsi mengeluarkan susu), kuku dan teracak akibat infeksi bakteri dan jamur yang sensitif seperti Staphylococcus, Streptococcus, Bordetella, Campylobacter, Chlamydia, E. coli, Haemophilus, Mycoplasma, Pasteurella, Rickettsia serta Salmonella sp. Dapat dipergunakan untuk hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, babi, dan ayam.

  • Larangan Indikasi Pemakaian

Obat ini tidak boleh diberikan apabila/kepada:

  • Kepada hewan yang sensitif terhadap gangguan tetrasiklin (infeksi bakteri)
  • Hewan dengan gangguan ginjal serius/gangguan fungsi hati
  • Obat lama diletakkan di tempat dengan suhu di atas 50°C.
  • Disemprotkan disekitar area dalam atau sekitar mata
  • Obat diberikan bersamaan dengan administrasi penicilines, cephalosporines, kuinolon, dan cycloserine.
  • Dosis & Cara Pemakaian

Qurbaners bisa menyemprotkan Lomoxin-25 Spray ini pada luka sebanyak dua kali sehari dengan jarak 15-20 cm.

Nah itulah penjelasan dari kami mengenai penggunaan Limoxin-25 Spray pada hewan. Semoga setelah membacanya, Qurbaners dapat mengetahui serta mengaplikasikan obat ini pada hewan ternak kesayangan apabila terluka. Semoga bermanfaat!

Penulis : Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.