October 3, 2022

Ciri Lingkungan yang Bersih dan Sehat Untuk Ditinggali

2 min read

Ciao Qurbaners!

Lingkungan merupakan tempat tinggal kita manusia. Manusia memanfaatkan sejumlah komponen yang dimiliki lingkungan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu lingkungan rumah yang bersih dan sehat sangatlah penting bagi kesehatan orang-orang di sekitarnya. Apalagi saat ini banyak virus penyakit yang bisa tersebar dengan mudah jika rumah Qurbaners berada di lingkungan kotor dan tidak sehat.

Walaupun menyadari bahwa lingkungan sehat penting bagi kehidupan diri sendiri dan orang lain, tapi nyatanya masih banyak yang belum memahami kriteria lingkungan yang sehat serta cara mewujudkannya. Ciri-ciri lingkungan yang sehat untuk ditinggali antara lain sebagai berikut :

1.Memiliki Sistem Pembuangan Sampah yang Baik

Sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang dapat menjadi tolak ukur kesehatan dari suatu lingkungan. Penumpukan sampah akan berpotensi menjadi sumber penyakit. Selain itu, penumpukan sampah juga akan menimbulkan bau tidak sedap yang terganggu. Itulah sebabnya mengapa penempatan tempat sampah serta daur ulang sampah sangat perlu diperhatikan.

2.Udara Bersih dan Segar

Udara yang bersih dan segar bisa dilihat dari warnanya. Udara di dekat jalan perkotaan biasa berwarna hitam atau keabu-abuan yang menandakan bahwa udaranya kotor. Sementara udara yang bersih tidak akan berwarna atau berbau apapun. Untuk membuat kualitas udara di sekitar jadi lebih baik, mulailah menanam pohon-pohon di sekitar rumah untuk produksi oksigen dan menyerap karbon dioksida. Di rumah, Qurbaners pula bisa menggunakan air purifier untuk membersihkan udara dari polusi.

3.Saluran Air dan Drainase yang Baik

Saluran air yang lancar akan membantu Qurbaners mendapatkan suplai air yang cukup. Saluran pembuangan air yang mampet bisa menyebabkan air menggenang. Genangan air dapat memicu pertumbuhan nyamuk dan berpotensi menyebabkan demam berdarah. Selain itu, ketika saluran pembuangan air mampet, sisa-sisa air kotor tidak dapat keluar ke pembuangan. Alhasil, genangan air kotor akan menyebabkan bau tak sedap serta sumber penyakit yang dapat mencemari udara yang kita hirup sehari-hari.

4.Memiliki Lahan Terbuka Hijau

Adanya lahan terbuka hijau akan mencegah terjadinya pencemaran udara beserta bencana alam lainnya.Tak hanya itu, adanya lahan hijau juga akan berdampak pada keasrian dan kesejukan lingkungan tempat tinggal Qurbaners

5.Dekat Dengan Tempat Ibadah

Beribadah memanglah satu hal terpenting bagi Qurbaners umat beragama. Maka alangkah baiknya Qurbaners mempertimbangan apakah lingkungan yang ingin ditinggali berada dekat dan mudah menjangkau tempat-tempat ibadah.

Nah Qurbaners, itulah beberapa ciri dari lingkungan bersih dan sehat yang layak menjadi pertimbangan qurbaners apabila sedang mencari rumah. Semoga bermanfaat!

Penulis : Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.