October 3, 2022

Manfaat Makan Daging Kambing Bagi Bumil

2 min read

Hai Qurbaners,

Selain gurih, daging kambing juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Banyak orang percaya makan daging kambing bagi ibu hamil tidak diperbolehkan karena dianggap berisiko untuk kesehatan tubuh dan tumbuh kembang janin. Jika mengonsumsi daging kambing secara berlebihan, ibu dikhawatirkan akan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi saat hamil.

Padahal kenyataannya daging kambing menyimpan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh loh. Antara lain protein, lemak, serta omega-3. Selain itu daging hewan pemakan rumput ini juga kaya akan kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zat besi, zinc, folat, selenium, serta vitamin B. Berikut adalah beberapa manfaat dari daging kambing yang bisa Qurbaners terutama bumil peroleh:

1.Mencegah Anemia

Kurang darah atau anemia saat hamil adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh bumil. Ibu hamil yang mengalami anemia bisa lebih berisiko mengalami infeksi, melahirkan bayi prematur, atau melahirkan janin dengan berat badan lahir rendah. Sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kandungan zat besi, folat, dan vit B12, seperti pada daging kambing. Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, produksi sel darah merah dalam tubuh Bumil akan lebih lancar dan menurunkan risiko terjadinya anemia.

2.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan zinc yang tinggi dalam daging kambing dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memastikan sel janin tumbuh dengan optimal.

3.Kaya Kandungan Seng dan Zat Besi

Kandungan seng yang tinggi yang dapat membantu mengembangkan sistem kekebalan janin serta memastikan keseluruhan pertumbuhan seiring dengan pembelahan sel. Zat besi yang tinggi pada daging kambing dapat membantu pembentukan sel darah merah serta mengendalikan kadar hemoglobin seseorang sesuai dengan kebutuhan. Jika kadar hemoglobin seseorang rendah, yang terjadi adalah ibu hamil rentan merasa lemah dan lesu.

4.Menambah Asupan Energi

Dalam 100 gram daging kambing terdapat sekitar 280 kalori. Daging kambing banyak mengandung kalori yang bisa menjadi sumber energi bagi Bumil agar tidak mudah kelelahan

Kesimpulannya adalah ibu hamil boleh mengonsumsi daging kambing, asalkan sesuai dengan aturan yang ditentukan. Namun, karena daging kambing tinggi kalori dan bisa meningkatkan berat badan, ibu hamil yang mengalami obesitas mungkin perlu membatasi konsumsi daging ini yaa. Semoga bermanfaat!

Penulis : Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.