October 3, 2022

Jangan Lewatkan Amalan Ini Di Bulan Dzulqo’dah

2 min read

Halo sobat Qurbaners!

Tak terasa Bulan Syawal telah berlalu meninggalkan kita umat Islam. Kini, Muslim memasuki bulan ke-11 dalam kalender 1443 Hijriah, tepatnya Bulan Dzulqa’dah yang jatuh tanggal 1 Juni 2022.

Bulan Dzulqa’dah merupakan bulan yang mulia. Dzulqa’dah diartikan tempat yang diduduki. Bulan ini termasuk bulan suci, dan masuk kedalam asyhurul hurum/bulan yang diharamkan untuk berbuat maksiat, kerusakan maupun pembunuhan. Dimana di bulan ini umat islam yang perbuatan dosa akan diganjar berlipat ganda dan begitupun sebaliknya untuk kebaikan. Meskipun begitu Qurbaners, masih banyak orang yang belum mengetahui keistimewaan dari Bulan Dzulqa’dah ini loh.

Nabi Muhammad Shallallahu ’Alaihi Wa Sallam bersabda :

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Yang artinya “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram; satu lagi adalah Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil Akhir dan Sya’ban.” (HR. Bukhari, No. 3197)

Berikut sejumlah keistimewaan serta amalan yang bisa Qurbaners lakukan di bulan Dzulqa’dah ini:

1.Bulan yang Baik Untuk Umroh

Di bulan Dzulqa’dah ini, Qurbaners sangat disunahkan untuk melaksanakan ibadah umroh. Sebagaimana Nabi ﷺ selalu melakukan umroh pada bulan ini sebanyak hingga 4 kali. Diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu‘Anhu, Nabi ﷺ mengatakan,

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اعْتَمَرَ أَرْبَعَ عُمَرٍ كُلُّهُنَّ فِي ذِي الْقَعْدَةِ إِلَّا الَّتِي مَعَ حَجَّتِهِ: عُمْرَةً مِنَ الْحُدَيْبِيَةِ، أَوْ زَمَنَ الْحُدَيْبِيَةِ فِي ذِي الْقَعْدَةِ، وَعُمْرَةً مِنَ الْعَامِ الْمُقْبِلِ فِي ذِي الْقَعْدَةِ

Yang artinya “Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melakukan umrah sebanyak empat kali, semuanya di bulan Dzulqa’dah, kecuali umrah yang dilakukan bersama haji. Empat umrah itu adalah umrah Hudaibiyah di bulan Dzulqa’dah, umrah tahun depan di bulan Dzulqa’dah” (HR. Bukhari, No. 1780)

2. Memperbanyak Doa, Dzikir, dan Sedekah

Bulan Dzulqa’dah yang penuh dengan kemuliaan dan pahala yang berlipat hendaknya diisi dengan amalan-amalan seperti zikir, berdoa, beserta sedekah

3.Puasa Sunnah 7 Hari

Di bulan ini Qunrbaners dianjurkan menjalankan puasa Sunnah tujuh hari bisa di awal, tengah maupun akhir bulan.. Puasa sunah di bulan ini memiliki nilai lebih dibandingkan berpuasa sunah di bulan yang lain. Sebagaimana ungkapan imam As-Syarwani:

 أَفْضَلُ الشُّهُوْرِ لِلصَّوْمِ بَعْدَ رَمَضَانَ الْأَشْهُرُ الْحُرُمُ وَأَفْضَلُهَا الْمُحَرَّمُ،  ثُمَّ رَجَبَ ثُمَّ الْحِجَّةُ ثُمَّ الْقَعْدَةُ

Yang artinya “Bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah bulan Ramadan adalah Al-Asyhur al-Ḥurum. Dan, yang paling utama dari keempatnya adalah bulan Muharam, Rajab, Dzulhijah, kemudian Dzulqa’dah.”

4.Sholat Berjamaah

Sholat berjamaah lebih baik daripada sholat sendirian dan pahalanya pun lebih banyak yakni 27 derajat. Di bulan Dzulqa’dah, umat Islam dianjurkan istikamah menjalankan sholat berjamaah terutama dalam sholat subuh.

Nah beberapa amalan diatas bisa nih Qurbaners amalkan di Bulan Dzulqo’dah yang mulia ini sebagai tabungan pahala di akhirat nanti. Sekian terimakasih!

Penulis : Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.