October 3, 2022

Hikmah Berqurban untuk Kita, Umat Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam

2 min read

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Hai Qurbaners, mungkin sebagian dari kita seringkali muncul di benak pertanyaan apa hikmah dari proses pemotongan hewan qurban di Hari Raya Idul Adha. Sudah sering kita mendengar kisah asbabun nuzul dari Hari Raya Idul Adha tetapi belum sepenuhnya kita memahami apa hikmah dibalik ibadah berqurban. Terutama di akhir zaman ini. 

Nah berikut lima hikmah yang dapat dipetik dari ibadah berqurban, yuk simak. 

1. Melaksanakan perintah Allah SWT dan menegakkan salah satu dari syi’arNya

Karena Allah Subhanallahu WA Ta’ala memerintahkan untuk umatNya berqurban dan hanya hamba Allah dalam naungan dien islam yang menjalankannya. Sehingga melaksanakan ibadah qurban sama dengan menegakkan syi’ar agama Allah. 

2. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW

Ibadah qurban juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dan kita sebagai umatnya tentu lebih baik mengikuti sunnah yang dilakukan oleh Nabi. 

3. Membangkitkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial

Kegiatan ibadah qurban ini membuat interaksi di masyarakat tinggi. Tetangga satu sama lain yang pada hari biasa mungkin jarang bertemu, saat moment ibadah qurban menjadi berkumpul dan saling bertegur sapa. Disinilah terjadinya momen kebersamaan yang jarang terjadi ditengah-tengah masyarakat, terutama di wilayah perkotaan. Serta kegiatan ibadah qurban ini meningkatkan kepedulian sosial karena pendataan pembagian daging qurban untuk fakir miskin serta tetangga. 

4. Mengikis sifat kikir

Tidak mudah tentunya bagi seseorang yang sudah bersusah payah menjemput rezeki lalu rezeki yang sudah dikumpulkan digunakan untuk beribadah kepada Allah. Terkadang nominalnya juga tergolong besar bagi golongan masyarakat tertentu. Disini ada nilai perjuangan untuk beribadah kepada Allah dan mengakibatkan mengikis sifat kikir dalam diri seseorang tersebut. Agar jiwa ini senantiasa mudah beribadah dan mensyi’arkan agama Allah. 

5. Memupuk ketakwaan kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. Seperti dalam FirmanNya.

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

(Q.S Al-Hajj : 37)

Belum dikatakan seseorang beriman sebelum ia bertakwa kepada Allah. Salah satu tanda seorang hamba bertakwa kepada Allah Subhanallahu WA Ta’ala adalah percaya adanya Allah dan ikuti perintahNya. 

Wallahu ‘Alam Bishowab

So Qurbaners, sekarang sudah tahukan hikmah dibalik ibadah qurban? Semoga semakin semangat ya mempersiapkan qurban terbaiknya. Bantuan layanan jasa qurban online bisa hubungi Orlin Farm. InsyaAllah amanah dan terpercaya sejak tahun 2015.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.